Pemkab Sleman Menggelar Pasar Lebaran 2022

dprd.slemankab.go.id – Ani Martanti, perwakilan dari DPRD bersama anggota Komisi B, Ardi menghadiri Pembukaaan Pasar lebaran di Hartono mall 15 April 2022. Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menggelar agenda tahunan dalam rangka pemberdayaan UMKM melalui pameran virtual Kendi Sembada dan Pasar Lebaran 2022, acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Pasar Lebaran dan Pameran Virtual Kendi Sembada Tahun 2022 ini mengangkat tema “Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman”. Dengan tema tersebut masyarakat diharapkan untuk senantiasa menjadikan produk-produk UMKM Kabupaten Sleman sebagai prioritas utama dalam memilih suatu produk atau barang kebutuhan saat berlebaran maupun untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebanyak 72 UMKM mengikuti kegiatan tersebut, UMKM yang ikut terbagi dalam beberapa jenis. Ada fashion, kerajinan, tanaman hias, kuliner dan ada 5 koperasi. Dalam kegiatan tersebut, digelar pula sejumlah rangkaian perlombaan di antaranya Sleman smart campaign, lomba tari kreasi nusantara, lomba stand up comedy, lomba menyanyi suara talenta sembada, lomba melukis caping, dan lomba membuat hampers lebaran.

Dalam pidatonya, Bupati Sleman menyampaiakan pasar lebaran ini merupakan bentuk dukungan Pemkab terhadap pemasaran UMKM. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pasar Lebaran tahun ini diselenggarakan secara online dan offline. Dengan demikian selain melakukan transaksi di Hartono Mall, masyarakat juga dapat mengakses berbagai produk unggulan UMKM Sleman melalui www.kendisembada.com hingga tiga bulan mendatang. Dengan upaya ini diharapkan dapat mengoptimalkan dan meningkatkan jangkauan promosi produk UKM.

“Saya juga mengundang seluruh masyarakat untuk turut memeriahkan kegiatan pemberdayaan UMKM di sejumlah kapanewon seperti Pasar Lebaran di Kapanewon Mlati, Seyegan, Gamping, Turi, Cangkringan, Ngemplak, Godean dan Berbah, saya juga berharap kepada UKM di wilayah Kabupaten Sleman untuk selalu menjaga produktivitasnya. Dengan produksi berkelanjutan akan membangun pasar dan kepercayaan konsumen. Selain itu bagi UKM yang masih memulai usahanya, agar menjaga dan memperhatikan kualitas produk dan kemasan sebagai daya tarik pemasaran serta kualitas mutu produk”, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman dan anggota DPRD juga berkesempatan mencoba aplikasi Kendi Sembada. Kendi Sembada merupakan aplikasi pameran virtual yang memamerkan produk-produk UKM Sleman yang digelar sepenuhnya secara digital. Baik itu melalui website maupun melalui virtual tour.(afp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.