Struktur Organisasi

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, maka Pemerintah Kabupaten Sleman membentuk organisasi perangkat daerahnya berdasar pada Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 9 Tahun 2009 sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 12 Tahun 2011.

Nomenklatur Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman berubah dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 12 tahun 2011 menjadi Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman. Namun hal ini tidak menambah atau mengurangi kelembagaan dan ketugasan yang ada di Sekretariat DPRD, karena masih sama dengan Perda sebelumnya (Perda Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman)

Sekretariat DPRD berkedudukan sebagai unsur pelayanan terhadap DPRD yang dipimpin oleh seorang Sekretaris DPRD yang bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD (1 Ketua, dan 3 wakil ketua) dan secara administratif dibina oleh Sekretaris Daerah.

Sekretariat DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Sekretariat DPRD dalam melaksanakan tugas mempunyai  fungsi :

  1. Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
  2. Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
  3. Penyelenggaraan rapat-rapat DPRD;
  4. Penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Susunan kelembagaan yang ada pada Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sleman Nomor 36 Tahun 2009 tentang Uraian Tugas, Fungsi, dan Tatakerja Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman.