Latar Belakang

Pada era globalisasi informasi sekarang ini telah terjadi perubahan tatanan di bidang pemerintahan, politik, hukum, ekonomi dan sosial budaya. Kondisi ini mengharuskan seluruh aparatur pemerintahan untuk mau dan mampu merubah sikap mental dan perilaku agar sesuai dengan tuntutan perubahan tersebut guna menuju pada pemerintahan yang baik (good governance). Untuk mencapai partisipasi yang konstruktif tersebut dituntut informasi yang berimbang baik informasi dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya. Aspirasi masyarakat harus didengar, ditampung dan diwujudkan. Demikian pula arus informasi dari atas ke bawah harus disampaikan dengan baik dan lancar.

Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, disebutkan pada konsideran bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting Negara demokratis yang menjunjung kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara.

Menyikapi hal tersebut perlu dibentuk jaringan sistem komunikasi sebagai salah satu sarana untuk menyebarluaskan informasi, kebijaksanaan dan program pemerintah kepada masyarakat luas dan menyerap aspirasi masyarakat lewat berbagai media sebagai sarana masukan kepada Pemerintah, serta menjembatani kepentingan Pemerintah dan masyarakat secara proporsional.

Dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang ketugasan dan kondisi yang ada pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maka perlu disusun Profil SKPD. Demikian juga di Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman perlu menyusun Profil Sekretariat DPRD, bahkan juga perlu menyusun Profil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, sebagai lembaga yang difasilitasi oleh Sekretariat DPRD.

Dalam perkembangannya Profil  ini dapat menjadi dokumen informasi yang senantiasa digunakan sebagai pedoman untuk penyusunan program dan kegiatan di Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman, karena dari sini akan diketahui berapa jumlah personil yang ada, apa saja ketugasannya, bagaimana kinerjanya, siapa saja yang mendukung keberadaan Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman, darimana saja mereka berasal, dan sebagainya.