Pimpinan DPRD Kabupaten Klaten Study Banding Terkait Kode Etik DPRD

dprd.slemankab.go.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Pimpinan DPRD Kabupaten Klaten pada Rabu (9/10). Dalam kunjungan tersebut Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan ketertarikan terhadap agenda dan kode etik DPRD Sleman. Menurutnya terdapat kegiatan DPRD Sleman yakni public hearing (PH) dengan tujuan mensosialisasikan raperda yang sedang dibahas sebelum disahkan menjadi peraturan daerah.

Dari rombongan kunjungan tersebut, turut hadir Wakil Ketua DPRD Klaten bersama pendamping sekretariat DPRD Klaten. Rombongan kunjungan kerja Pimpinan DPRD Klaten tersebut diterima oleh Respati Agus Sasangka, S.IP di ruang rapat Pimpinan DPRD Sleman. Anggota DPRD dari PAN tersebut mengatakan bahwa public hearing dapat menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi pokok DPRD. Menurutnya, public hearing merupakan salah satu bentuk menyerap aspirasi masyarakat terhadap pembahasan raperda sebelum disahkan menjadi perda.

Dalam kunjungan kerja terkait Tata Tertib DPRD tersebut berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/ Kota. Pimpinan DPRD Kabupaten Klaten mengatakan sesuai Pasal 1 ayat (3) tiga yang berbunyi Kode Etik DPRD yang selanjutnya disebut Kode Etik adalah norma yang wajib dipatuhi oleh setiap Anggota DPRD selama menjalankan tugasnya untuk menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD untuk itu perlu adanya pembanding.  

Dari rapat kerja tersebut terdapat beberapa hal yang diatur dalam tata tertib DPRD yang berbeda dengan DPRD Kabupaten Sleman. Seperti keanggotaan di Badan Musyawarah boleh merangkap keanggotaanya di Badan Anggaran. Perbedaan antara agenda DPRD dengan jadwal DPRD yakni apabila merupakan jadwal DPRD, pembahasannya cukup di Badan Musyawarah saja. Namun apabila pembahasan masuk dalam agenda, maka perlu adanya sidang paripurna.

“Untuk saat ini, DPRD Sleman belum bisa membentuk pansus karena alat kelengkapan dewan masih dalam pembahasan” kata legislator PAN tersebut. Dalam kesempatan yang sama di akhir acara Pimpinan DPRD Klaten berfoto bersama dan bertukar cindera mata. Pimpinan DPRD Kabupaten Klaten berharap silaturahmi tersebut dapat terus terjalin.

© 2019 Humas (Afp, yuk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*