Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

dprd.slemankab.go.id – Pada tanggal 27 September 1967 ditetapkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153/Tahun 1967 tentang Penetapan tanggal 1 Oktober Sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Sejak saat itu setiap tanggal 1 Oktober  merupakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Di dalam Surat keputusan Presiden RI tersebut juga menetapkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh Indonesia.

Berdasarkan instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman menyelenggarakan upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Hari Selasa, 1 Oktober 2019. Berdasarkan pedoman penyelenggaraannya, tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 adalah “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju Dan Bahagia”.

Melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 153/Tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober Sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bahwa hari 1 Oktober 1965 dengan demikian memiliki ciri dan corak yang khusus sebagai suatu hari untuk lebih mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa dan Rakyat Indonesia.

Berdasar pada lampiran Surat Presiden RI nomor 51/Tahun/1980 Tentang Penugasan Kepada Menteri Pertahanan-Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Untuk Membina dan Mengelola Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya di Jakarta terdapat pembacaan Ikrar peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Di dalam ikrar tersebut Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia mengajak agar membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*