Sekolah Pintar Di Desa Ramah Anak Wukirsari Cangkringan

dprd.slemankab.go.id – Dalam rangka mendukung terwujudnya Kabupaten layak anak, Desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman terdapat Sekolah Alam atau Sekolah Pintar yang memiliki siswa dari SMP maupun SMA, Desa Wukirsari dideklarasikan sebagai Desa ramah anak, juga sebagai desa dengan Pengusaha Ramah anak yang artinya pengusaha di desa Wukirsari berkomitmen untuk tidak mempekerjakan anak di bawah umur. Bertempat di desa wisata hutan bambu Bulaksalak, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sleman Haris Sugiharta dan Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes. mengunjungi sekolah pintar tersebut (18/9).

Ani Martanti, S.T., sebagai pengelola sekolah pintar, yang juga anggota DPRD Kabupaten Sleman dari Fraksi PKB mengatakan, maksut tujuan didirikannya sekolah pintar, dari ruang pendidikan nonformal ini diharapkan bisa menguatkan pelajaran tentang moral, kreatifitas, kecintaan dengan alam dengan mengurangi penggunaan bahan plastik, edukasi tentang penguatan karakter, mencari solusi tentang kasus di lingkungan keluarga maupun sekolah, pendampingan anak anak saat bahagia, saat suka, marah, sedih, maupun kecewa, karena di umur umur remaja kadang pelampiasan atau suka citanya berlebihan bahkan melenceng, kalo tidak ada pendampingan dampaknya bisa berbuat yang tidak baik, maka dari itu kita sebagai pengajar di sekolah alam Desa Wukirsari  untuk mengarahkan, membimbing agar mereka punya karakter sikap yang lebih baik dan pemikiran positif saat sedih atau pun senang, tambahnya.

Tahun ini merupakan tahun ke 5 sekolah pintar Wukirsari megadakan kegiatan belajar di alam bebas sejak di bentuknya pada tahun 2015, dan sudah mendapatkan beberapa prestasi yang sudah dicapai Desa Wukirsari terkait Desa Ramah Anak, yaitu saat tahun Desember 2018 lalu mendapat peringkat 2 dari 75 ribu desa se-Indonesia dalam kategori Inovasi Desa dari Kementrian Desa RI, selain itu Desa Wukirsari juga mendapatkan peringkat 3 di Kabupaten Sleman pada evaluasi Desa Ramah Anak di 2018.

© 2019, Humas (Afp/Yuk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*