Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, DPR, Dan DPD RI

dprd.slemankab.go.id – Jumat (16/8) merupakan sidang perdana DPRD setelah dilantiknya 50 Anggota DPRD Kabupaten Sleman Masa Jabatan 2019-2024 pada Senin, 12 Agustus 2019 lalu. Sejak pukul 07.00 WIB beberapa Anggota DPRD Sleman sudah hadir di tempat sidang lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah meski agenda sidang MPR RI dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB. Dalam pidato kenegaraan Presiden RI tersebut dijadwalkan akan menyampaikan Keterangan Pemerintah Atas RAPBN Tahun Anggaran 2020 Beserta Nota Keuangannya.

Rapat peripurna mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI tersebut dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Pimpinan Sementara DPRD Sleman, Forkompimda, BUMD/BUMN, Camat, dan dari OPD

Sebelum dimulainya sidang paripurna DPR dan MPR RI pada pukul 08.30 WIB, Ketua Sementara DPRD Sleman Haris Sugiharta membuka sidang rapat paripurna DPRD. Dalam sambutannya Haris Sugiharta menyampaikan 2 agenda sidang paripurna. Agenda sidang yang pertama yaitu Mendengarkan Pidato Presiden RI di depan Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI.

Agenda sidang rapat paripurna kedua adalah Mendengarkan Pidato Ketua DPR RI dalam rangka Pembukaan Masa Sidang I tahun Sidang 2019-2020 dan Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2020.

Presiden menyampaikan 2 pidato kebangsaan di depan DPR dan DPD RI. Dilanjutkan dengan pembacaan RUU Nota Keuangan Tahun Anggaran 2020. Pada kesempatan yang sama Presiden Joko Widodo berpidato sesuai tema HUT RI ke-71 yakni “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

“Kita butuh terobosan-terobosan jalan pintas yang cerdik yang mudah yang cepat. Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila.”

“Kita butuh SDM unggul yang toleran, yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi”.

Dalam pidato kedua presiden RI menyampaikan berbagai bidang dalam RUU Nota Keuangan Tahun Anggaran 2020. Peningkatan anggaran pendidikan menjadi bidang dengan anggaran lebih dari 20% APBN. Disusul pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Saat selesainya sidang paripurna DPR RI di depan DPD RI, skors sidang paripurna DPRD Kabupaten Sleman dicabut dan dilanjutkan dengan penutup sidang.

Di akhir pidatonya Haris Sugiharta berpesan kepada seluruh hadirin sidang paripurna. “Pidato Kenegaraan Presiden RI tersebut akan dapat memotivasi Anggota DPRD Kabupaten Sleman untuk terus bersemangat dalam bekerja, menyelesaikan tugas dan kewajiban masing-masing demi membangun Sleman tercinta.” pintanya.

© 2019, Humas (Afp/Yuk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*