Monitoring Komisi D Saat Pelaksanaan UNBK SMP/MTs

Monitoring UNBK SMP/MTS

dprd.slemankab.go.id – Komisi D DPRD Kabupaten Sleman melakukan monitoring pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMP/MTs pada hari pertama Senin (22/4). Arif Kuniawan, S.Ag., M.H. Sekretaris Komisi D menuju ke beberapa SMP/MTs di Kabupaten Sleman, diantaranya SMP N 1 Sleman, MTs Negeri Sleman Kota, SMP N 1 Godean Sleman. Di Kabupaten Sleman jumlah peserta jenjang SD/MI pada tahun 2019 ada sebanyak 15.771 siswa, dan untuk jenjang SMP/MTs ada sebanyak 15.001 siswa. 

Kepala Sekolah SMP N 1 Sleman Hj. Nurul Wachidah, M.Pd. mengatakan ada sebanyak 225 siswa yang mengikuti UNBK di bagi dengan 2 sesi tetapi terdapat 1 siswa absen dikarenakan diare, dan untuk pelaksanaan UNBK berjalan lancar,  dari fasilitas internet sudah cukup memadai, karena untuk bandwidth internet sendiri sudah tersedia up to 10mbps. “Untuk ketersediaan listrik, jika listrik tiba-tiba padam, komputer sudah di lengkapi UPS yang bisa bertahan sampai 10 menit terus akan di supply oleh genset,” tambahnya.

Proktor UNBK SMP N 1 Sleman juga menjelaskan, untuk bandwidth 10mbps sudah sangat mencukupi karena penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). Jadi kemungkinan besar internet hanya dipakai saat unduh soal, sesi login siswa, dan upload hasil ujian ke pusat, tambahnya.

Arif Kuniawan menambahkan untuk UNBK tahun ini diharapkan lancar tanpa ada kendala apapun. Mengingat kabupaten Sleman sudah beberapa kali menyelenggarakan UNBK SMP/MTs atau jenjang SMA/SMK. (afp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*