“Pendidikan” Menjadi Topik Pembahasan Kunjungan Kerja 3 Kabupaten ke Sleman

setdprd.slemankab.go.id – 22/1/19  – Komisi D DPRD Kabupaten Sleman menerima tamu kunjungan kerja 3 Kabupaten yaitu DPRD Kabupaten Grobogan, DPRD Kabupaten Tasik dan DPRD Kabupaten Pasuruan, diterima  di AULA DPRD Kabupaten Sleman oleh Arif Kurniawan, S.Ag., M.H., Sekretaris Komisi D, dan Rahmat Suryono, S.Sos., M.M., Kabag. Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman.

Rahmat Suyono, S.Sos. MM diawal pertemuan menyampaikan selayang pandang Kabupaten Sleman seperti PAD Kabupaten Sleman mencapai 860 M, potensi wisata, industri kreatif, tentang pendidikan di Kabupaten Sleman, dan pengembangan ekonomi dari SDM, proses produksi, hingga pemasaran hasil masyarakat. Setelah itu di sektor pendidikan terdapat 4 PTN dan 37 PTS yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Hal ini berdampak pada geliat ekonomi masyarakat Sleman dari warga asli, maupun pendatang dari  mahasiswa luar daerah yang tinggal sementara di Sleman. Melalui ekonomi kreatif Pemerintah Kab upaten Sleman bekerjasama dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta demi perkembangan dan kemajuan ekonomi masyarakat.

Berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan Arif Kurniawan, S.Ag., M.H. Sekretaris Komisi D mengatakan, anggaran alokasi pendidikan mencapai 24% dari total APBD Kabupaten Sleman. Beliau juga menyoroti terkait tenaga pendidik yang belum PNS dalam hal ini terkait GTT, PTT, Guru Honorer atau guru katergori K2, bahwa di tahun 2019 ini terdapat sejumlah 500 tenaga pendidik. Hal ini seperti diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Halim Sutono, S.H., menyampaikan bahwa pelaksanaan pendidikan dibantu dengan dana BOS dan memberikan intensif kepada guru honorer khususnya K2. Beberapa program lain untuk membantu pendidikan yaitu melalaui JPPD (Jaminan Pembiayaan Pendidikan Daerah) bagi pelajar di Kabupaten Sleman. Sementara itu menurut pimpinan rombongan dari DPRD Kabupaten Grobogan Ir. H. Mukhlisin, M.M., M.Si. pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Grobogan juga mengalamai kendala pemberian intensif guru honorer K2.(yuki)

Doc. Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*