Ketua Komisi D Menerima Kunjungan Edukasi SMPIT Nurul Islam

foto : Pimpinan rombongan, Jamaludin, S.Ag. (kiri) memberikan cenderamata ke Ketua Komisi D, H. Nafsir Fauzi, S.H.(kanan).

          dprd.slemankab.go.id, SLEMAN – Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sleman, H. Nafsir Fauzi, SH menerima kunjungan Edukasi siswa/ siswi Sekolah Alam Yogyakarta (SALYo), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Alam Nurul Islam, yang beralamat di Gumuk, Sidoarum, Godean Sleman sejumlah 47 anak didampingi oleh 4 orang guru pendamping di Aula DPRD Kabupaten Sleman, Senin tanggal 13 Februari 2017. Turut mendampingi penerimaan, Hj. Errin Kasnarti, SH Kabag. Persidangan Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman. Pimpinan rombongan, Jamaludin, S.Ag. menyampaikan bahwa kunjungan edukasi ini dalam rangka menambah pengetahuan siswa pada mata pelajaran PKN yang sedang dipelajari kaitannya dengan tugas dan fungsi legislatif.

          Dalam sambutannya Ketua Komisi D, menyampaikan bahwa Komisi D menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada SMP Islam Terpadu Nurul Islam yang melaksanakan kunjungan Edukasi di DPRD Kabupaten Sleman, DPRD Kabupaten Sleman akan selalu mendukung dan mendorong peningkatan pendidikan di Kabupaten Sleman. Dipersilahkan nanti dari SMPIT Nurul Islam untuk menyampaikan apa yang diperlukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pendidikan, seperti sarana pra sarana untuk mendukung pengingkatan IT di sekolah dan sarana lainnya.

          Dalam sesi tanya jawab, siswa/ siswi kelas 8 yang diwakili oleh Dea, Embun dan Via menanyakan tentang bagaimana kedaulatan rakyat diperlukan dalam pemerintahan dan bagaimana dalam pelaksanaannya, perda-perda yang sudah disahkan, apa saja program-program Komisi D dan pertanyaan dari pimpinan rombongan bagaimana kinerja anggota DPRD ?

          Menjawab pertanyaan para siswa, H. Nafsir Fauzi, SH menjelaskan bahwa kedaulatan rakyat dalam pelaksanaanya dilakukan oleh DPR/ DPRD sangat diperlukan dalam system pemerintahan yang demokratis, sehingga pelaksanaan fungsi pemerintahan dapat berjalan dengan baik. DPRD sebagai perwakilan dari rakyat melakukan fungsi penganggaran, legislasi dan pengawasan. Dalam melaksanakan tugasnya anggota DPRD melakukan penjaringan aspirasi dengan mengumpulkan tokoh masyarakat. Seperti setiap 1 sampai 1,5 bulan sekali saya mengumpulkan tokoh masyarakat yang ada di Daerah Pemilihan/ 4 Kecamatan untuk memperoleh masukan untuk diajukan dalam perencanaan pembangunan tahun berikutnya.

Kabag. Persidangan Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman menyampaikan, tugas DPRD Kabupaten Sleman adalah

  1. Membentuk peraturan daerah bersama Bupati
  2. Membahas dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah tentang APBD yang diajukan oleh Bupati
  3. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah, APBD Peraturan Bupati, Keputusan Bupati  dan kebijakan-kebijakan Bupati.
  4. Mengusulkan pengangakatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur  untuk mendapatkan pengesahan
  5. Memilih Wakil Bupati apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Bupati
  6. Memberikan pendapat dan pertimbanagan kepada pemerintah daerah terhadap rencana perjanjian internasioal di Daerah.
  7. Memberikan persetujuan terhadap rencana kerjasama internasional yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.
  8. Meminta laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
  9. Memberikan persetujuan terhadap rencana kerjasama dengan Daerah lain atau dengan pihak ketiga yang membebani masyarakat dan Daerah.
  10. Mengupayakan terlaksananya kewajiban Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  11. Melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*