PERPUSTAKAAN DESA BUTUH ANGGARAN

Komisi A DPRD Sleman menghadiri peresmian Perpustakaan Desa dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat di desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Kamis, 28/11/2014.

Komisi A DPRD Kab Sleman menghadiri peresmian Perpusdes di Sidokarto Godean 27 Nopember 2014
Komisi A DPRD Kab Sleman menghadiri peresmian Perpusdes di Sidokarto Godean 27 Nopember 2014

 Pada acara tersebut, Ketua Komisi A, Hendrawan Astono, S.Si hadir didampingi anggota komisi A yang terdiri dari Danang Sulistya Haryana, Nafsir Fauzi, SH, Hasto Karyanto, S.IP, Arif Kurniawan, S.Ag, dan Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes.

 Acara dibuka oleh Ibu Sri Murni Rahayu, Staf Ahli Bupati, menyampaikan dalam pidatonya bahwa Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman memiliki tujuan jangka panjang dalam rangka membentuk budaya senang membaca bagi generasi muda Sleman. Peresmian Perpustakaan Desa ini juga sebagai salah satu cara Sleman mewujudkan Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak.

 Menurut Keterangan Kepala Kantor Perpustakaan Daerah, Ibu Sri Hartati, Perpustakaan Daerah  memiliki beberapa program seperti: Peningkatan Kapasitas SDM, Perpustakaan Keliling, Internet Keliling. Perpustakaan Daerah setiap tahun juga mengadakan Lomba Perpustakaan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya perpustakaan.

 Bukan itu saja, Perpustakaan Daerah Sleman juga memiliki program untuk mengembangkan perpustakaan desa dan perpustakaan komunitas untuk menjangkau desa-desa terpencil. “Kami punya target setiap tahun tumbuh 5 perpustakaan desa”, kata Sri Hartati.

 Danang Sulistyo Haryana menambahkan, “Kita perlu menambah jangkauan perpustakaan keliling hingga dusun-dusun di 17 kecamatan. Ke depan, kita akan bekerjasama dgn Karang Taruna”.

 “Hingga saat ini Sleman baru memiliki 64 perpustakaan desa. Harapan jauh ke depan, bukan hanya perpustakaan desa tapi kita ingin membangun perpustakaan hingga tingkat dusun. Ini tantangan untuk meningkatkan SDM Sleman, dan mimpi besar kita semua”, kata Hasto Karyanto.

 Dalam kesempatan ini, acara dimeriahkan dengan pembacaan beberapa pemenang lomba yang terkait dengan Keistimewaan DIY seperti Lomba Cerita Wayang dan Lomba Puisi Bahasa Jawa (geguritan) dan lomba melukis.

Hendrawan Astono menyerahkan piala kepada juara satu lomba menggambar untuk anak-anak
Hendrawan Astono menyerahkan piala kepada juara satu lomba menggambar untuk anak-anak

Hendrawan Astono, ketua Komisi A, menyebutkan,”Perpustakaan dan budaya baca adalah usaha yang sangat panjang. Idealnya tiap desa harus memiliki 1 perpustakaan desa. Sleman baru memiliki 4 (empat) armada Perpustakaan Keliling, yang tiap hari keliling dengan target 60 titik dalam 1 bulan”, lanjutnya, ”Kita butuh dukungan dari semua pihak, terutama dukungan anggaran”. (piet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*