Opini WTP Bukan Tujuan Akhir Dalam Menata Keuangan Daerah

dprd.slemankab.go.id,  SLEMAN – Selasa 30 Mei 2017. Opini WTP bukanlah akhir dalam menata keuangan daerah, namun justru merupakan langkah awal. Langkah awal ini tidak akan besar artinya tanpa diikuti dengan langkah nyata, yang paling utama adalah bagaimana pelaksanaan keuangan daerah itu nyata manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan ketua DPRD Kabupaten Sleman, Haris Sugiharta dalam sambutannya mewakili DPRD Kabupaten/ Kota Se-DIY pada acara Penyerahan Serentak Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Kabupaten/ Kota Se-DIY di Gedung BPK Perwakilan DIY, Selasa tanggal 30 Mei 2017.

Ketua DPRD juga menyatakan, jika hanya mendapat opini WTP saja namun kinerja riil yang dirasakan oleh masyarakat tidak meningkat maka kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat bisa dikatakan belum optimal.   Manfaat hasil Pemeriksaan BPK bukan terletak pada jumlah dan besaran temuannya, melainkan pada efektifitas penyelesaian tindak lanjutnya. Ketua DPRD berharap Bupati segera melakukan langkah perbaikan yang diperlukan untuk mengeliminasi kelemahan yang ada sehingga penyajian laporan keuangan pemerintahan semakin baik dimasa mendatang.

Kabupaten/ Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta meraih opini WTP dua tahun berturut-turut sejak tahun 2015 dan 2016. Prestasi ini menjadi momentum agar lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*